=
Total Pengunjung :

Wednesday 6 July 2011

LALUI HIDUP DENGAN SEBUAH KEPASTIAN


Seorang pria mendatangi sang master “Guru, saya sudah bosan hidup. Sudah jenuh betul. Rumah tangga saya berantakan. Usaha saya kacau. Apapun yang saya lakukan selalu berantakan. Saya ingin mati.” Sang Master tersenyum, “oh kamu sakit.” “ Tidak master, saya tidak sakit, saya sehat, hanya jenuh dengan kehidupan. Itu sebabnya saya ingin mati.” Seolah-olah tidak ingin mendengar pembelaannya, sang master meneruskan, “kamu sakit. Dan penyakit itu sebutannya, “Alergi Hidup”. Ya kamu alergi terhadap kehidupan.


Sang guru memang benar, banyak sekali diantara kita yang alergi terhadap kehidupan. Kemudian tanpa disadari kita melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma kehidupan. Hidup ini berjalan terus. Sungai kehidupan mengalir terus, tetapi kita menginginkan status quo. Kita berhenti di tempat, kita tidak ikut mengalir. Itu sebabnya kita jatuh sakit. Kita mengundang penyakit. Resistensi kita, penolakan kita untuk ikut mengalir bersama kehidupan membuat kita sakit.. Yang namanya usaha pasti ada pasang surutnya. Dalam hal berumah tangga, bentrokan-bentrokan kecil itu memang wajar, lumrah, persahabatan pun tidak selalu langgeng, tidak abadi, Apa sih yang langgeng, yang abadi dalam hidup ini? Kita tidak menyadari sifat kehidupan. Kita ingin mempertahankan suatu keadaan, kemudian kita gagal, kecewa dan menderita.

“Penyakitmu itu bisa disembuhkan, asal kamu ingin sembuh dan bersedia mengikuti petunjukku. “demikian lanjut sang Master.

“Tidak guru, tidak. Saya sudah betul-betul jenuh, Tidak saya tidak ingin hidup.” Pria itu menolak tawaran sang guru.

“Jadi kamu tidak ingin sembuh, kamu betul-betul ingin mati?”

“Ya, memang saya sudah bosan hidup.”

“Baik, besok sore kamu akan mati. Ambil botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini. Setengah botol lagi besok sore jam enam, dan jam delapan malam kamu akan mati dengan tenang.”

Giliran dia bingung, setiap master yang ia datangi selalu berupaya untuk memberikan semangatnya untuk hidup, yang satu ini aneh. Ia bahkan menawarkan racun. Tetapi, memang ia sudah betul-betul jenuh, ia menerimanya dengan senang hati. Pulang ke rumah ia langsung menghabiskan setengah botol racun yang disebut “OBAT” oleh master edan itu. Dan, ia merasakan ketenangan sebagaimana tidak pernah ia rasakan sebelumnya. Bahkan begitu rileks, begitu santai ! tinggal satu malam, satu hari dan ia akan mati. Ia akan terbebas dari segala macam masalah. Malam ia memutuskan untuk makan malam bersama keluarga di restoran Jepang. Sesuatu tidak pernah ia lakukan selama beberapa tahun terakhir.

Pikir-pikir malam terakhir ia ingin meninggalkan kenangan manis. Sambil makan ia bersenda gurau. Suasana sangat santai. Sebelum tidur, ia mencium istrinya dan membisikkan dikupingnya, “Sayang, aku mencintaimu.” Karena malam itu adalah malam terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis!. Esoknya bangun tidur ia membuka jendela kamar dan melihat keluar. Tiupan angin pagi menyegarkan tubuhnya. Dan ia tergoda untuk melakukan jalan pagi. Pulang kerumah setengah jam kemudian, ia menemukan istrinya masih tertidur. Tanpa membangunkannya, ia masuk dapur dan membuatkan dua cangkir kopi. Satu untuk dirinya, satu lagi untuk istrinya. Karena pagi ini adalah pagi terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis, sang istripun mulai merasa aneh sekali, “Sayang, apa yang terjadi hari ini ? selama ini mungkin aku salah, maafkan aku, Sayang.” Di kantor ia menyapa setiap orang, bersalaman dengan setiap orang. Stafnya pun bingung, “hari ini, Boss kita aneh ya?”. dan sikap mereka pun langsung berubah. Merekapun menjadi lembut. Karena siang ini adalah siang terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis!

Tiba-tiba segala disekitarnya berubah. Ia menjadi ramah dan lebih toleran, bahkan apresiatif terhadap pendapat-pendapat yang berbeda. Tiba-tiba hidup menjadi indah. Ia mulai menikmatinya. Pulang kerumah jam lima sore, ia menemukan istri tercinta menungguinya di beranda depan. Kali ini justru sang istri yang memberikan ciuman kepadanya, “Sayang, sekali lagi aku minta maaf, kalau selama ini aku selalu merepotkanmu” Anak2 pun tidak ingin ketinggalan, “Pi, maafkan kami semua. Selama ini papi selalu stress karena perilaku kami.”

Tiba2 sungai kehidupannya mengalir kembali. Tiba2 hidup menjadi sangat indah. Ia mengurungkan niatnya untuk bunuh diri. Tapi bagaimana dengan setengah botol yang sudah Ia minum? Ia mendatangi sang guru lagi. Melihat wajah pria itu, rupanya sang guru langsung mengetahui apa yang telah terjadi. “Buang saja botol itu. Isinya hanya air biasa. Kamu sudah sembuh, apabila kamu hidup dalam kekinian, apabila kamu hidup dalam kesadaran bahwa maut dapat menjemputmu kapan saja, maka kamu akan menikmati setiap detik kehidupan. Leburkan egomu, keangkuhanmu, kesombonganmu, jadilah lembut, selembut air. Dan mengalir bersama sungai kehidupan. Kamu tidak akan jenuh, tidak akan bosan. Kamu akan merasa hidup. Itulah rahasia kehidupan. Itulah kunci kebahagiaan. Itulah jalan menuju ketenangan.”

Pria itu mengucapkan terima kasih dan menyalami sang guru, lalu pulang kerumah, untuk mengulangi pengalaman malam sebelumnya. Konon ia masih mengalir terus, ia tidak pernah lupa hidup dalam kekinian. Itulah sebabnya, ia selalu bahagia. Selalu tenang, selalu HIDUP!

0 comments:

Post a Comment

KAWAN TITIP PESAN DI BAWAH INI


KAWAN TITIP PESAN DI BAWAH INI
ShoutMix chat widget

KUMPULAN GROUP LINK ANFAK_JOGJA

HOME

SELAMAT DATANG KAWAN
DI KUMPULAN LINK ANFAK_JOGJA.

diriku berharap kawan semua..
silahkan KLIK LINK ini..dan kunjungi.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN KAWAN

  • NEN ABSAN
  • NEN MANUS
  • NEN BERHTO
  • NEN PHAUL
  • NEN CHEZS
  • NEN YARISS
  • NEN ERICK
  • NEN NICKO
  • NEN HARADA
  • NAN JESICA
  • NAN ANA
  • ALAMAT LINK ROHAMA

  • KUMPULAN GAMBAR KOMENTAR
  • KEHIDUPAN ANAK PAPUA
  • KEHIDUPAN ANAK PAPUA I
  • FRIENDSTER ROHAMA
  • FRIENDSTER CHADOS
  • Connect

    ....ZA PASTI TERSENYUM, SAAT KO BAHAGIA....DENGAN DIRINYA

     
    Powered by Blogger